Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Askab Kesulitan Regenerasi Wasit

SEPI PEMINAT: Sejumlah wasit Kabupaten Bekasi tengah menjalankan penyegaran di Sekretariat Askab PSSI Bekasi, Komplek Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur. DANI IBRAHIM/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Perkembangan Wasit, Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Bekasi masih stagnan. Hingga saat ini, jumlah wasit yang ada dirasa belum ideal.

Sekretaris Askab PSSI Bekasi, Suryadi membenarkan kondisi tersebut. Dari 33 klub dan SSB yang ada di Kabupaten Bekasi, penyebaran wasit belum merata.

“Jumlah itu terlihat saat penyegaran wasit, Sabtu (13/7) lalu. Wasit yang hadir kisaran 40. Idealnya, kita sudah memiliki wasit di atas 100 orang,” ujarnya.

Yadi mengaku proses regenerasi wasit mendesak dilakukan. Namun pihaknya terkendala dengan minimnya minat masyarakat menjadi ’pengadil lapangan’.

Perkembangan wasit sendiri, kata Yadi, berbanding terbalik dengan perkembangan sepakbola di Kabupaten Bekasi yang saat ini tengah bergairah.

“Kita akui, bahwa saat ini program pembinaan sudah berjalan. Menyusul perkembangan itu, kita akan melaksanakan rekrutmen bagi wasit,” katanya.

Wasit muda juga menjadi sasaran Askab PSSI Bekasi. Hal itu juga mengacu program PSSI pusat yang membidik sejumlah wasit muda potensial.

Dia menambahkan, proses seleksi wasit, bakal diagendakan di Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur.

“Rekrutmen sendiri, tidak dibuka secara langsung. Melainkan, dengan membuka jadwal latihan wasit. Jadi, bila ada yang mau dan memiliki potensi, secara otomatis akan kami rekrut,” tukasnya.

Diketahui, dalam proses penataran wasit belum lama ini, sejumlah aturan baru disampaikan. Langkah tersebut juga sebagai cara Askab melakukan sosialisasi regulasi terbarukan dari PSSI pusat.

“Itu salah satunya (penyegaran), termasuk pada hand ball. Apakah, disengaja atau bola yang menghampiri tangan lewat pantulan. Penindakannya dan pelanggarannya seperti apa. Itu sudah disampaikan. Poinnya banyak,” bebernya. (dan)

The post Askab Kesulitan Regenerasi Wasit appeared first on RADAR BEKASI.