Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Beri Pengalaman Belajar Tak Terlupakan

SAKSIKAN: Ketua Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai, Ali Subekti (lima dari kiri), Kepala Sekolah KB-TK Islam Al-Azhar 11 Kemang Pratama, Milasari Widaningsih (empat dari kiri), Pengawas Unit Pelayanan Pendidikan (UPP) Kecamatan Rawalumbu, Iik Kurniasih (empat dari kanan), menyaksikan siswa yang menunjukkan kemampuan belajarnya. Dewi Radar Bekasi

Radarbekasi.id – KB-TK Islam Al-Azhar 11 Kemang Pratama menghelat Open House mulai 2-7 Desember mendatang. Beragam rangkaian kegiatan dalam acara ini memberi pengalaman tak terlupakan bagi siswa.

Kepala Sekolah KB-TK Islam Al-Azhar 11 Kemang Pratama Milasari Widaningsih menjelaskan, Open House merupakan bagian dari rencana program kerja sekolah yang sudah terselenggara selama dua tahun. Acara ini melibatkan siswa, guru, serta orang tua murid.

”Open House kali ini adalah pelaksanaan tahun kedua,” jelas Milasari, saat pembukaan Open House di halaman KB-TK Islam Al-Azhar 11 Kemang Pratama, Senin (2/12).

Rangkaian Open House dimulai dengan penampilan tari dan menyanyi dari masing-masing kelas. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Al Kafa Cup 2019, pertandingan sepak bola antar siswa Al-Azhar se-Jabodetabek, yang berjumlah 180 peserta.

Selain itu, juga ada Market Day. Dalam kegiatan ini, para siswa akan mempraktikkan cara menjual dan membeli olahan makanan yang sudah dibuat oleh masing-masing siswa. Acara juga dimeriahkan dengan pameran kreasi dan cara belajar murid aktif yang melibatkan fisik motorik.

”Didalam kegiatan ini kita berikan pengalaman belajar yang tidak terlupakan oleh anak-anak ke dalam pendidikan selanjutnya, karena kenangan masa indah dimasa kecil itu sulit untuk dilupakan. Sebab pendidikan di Taman Kanak-kanak lah mereka bisa merasakan bermain sambil belajar,” tuturnya.

Dalam acara ini, para siswa dan guru juga mendesain kelasnya dengan menggunakan tema tanaman dan hewan peliharaan. Setiap kelas sudah ditentukan temanya.

Untuk kelompok bermain, tema pembelajarannya adalah ikan buntal. Kemudian untuk kelompok A bertemakan hewan peliharaan seperti sapi, burung kakak tua, dan kelinci. Selanjutnya, kelompok B bertemakan buah-buahan seperti jeruk, mangga dan apel.

”Siswa dapat belajar bagaimana mengelola serta merawat dari masing-masing tema yang diberikan. Salah satu contohnya mangga, makanan apa saja yang dapat diolah melalui bahan dasar mangga serta bagaimana cara merawat buah tersebut agar matang secara sempurna. Jadi setiap kegiatan memiliki nilai edukasinya masing-masing,” tukasnya.

Ketua Yayasan Waqaf Al Muhajirien Jakapermai Ali Subekti mengatakan, Open House merupakan ajang kreativitas yang sangat positif dilakukan untuk anak-anak usia dini. Menurutnya, usia dini merupakan waktu yang paling tepat untuk menanamkan nilai-nilai edukasi positif serta kedisiplinan di dalam diri mereka.

”Ini merupakan suatu pembelajaran yang cukup baik karena bukan hanya kesenangan yang akan didapat, namun ilmu serta edukasi juga akan diterima secara baik,” ungkap Ali.

Melalui acara ini, Ali berharap siswa dapat menerapkan nilai-nilai edukasi yang sudah didapatkan. ”Kita berharap siswa bisa menerima ilmu yang sudah didapat dalam kegiatan ini, sehingga mereka memiliki bekal untuk melanjutkan pendidikan yang akan mendatang dengan bekal kreatifitas serta kedisiplinannya,” harapnya.

Harapan senada disampaikan oleh Pengawas Unit Pelayanan Pendidikan (UPP) Kecamatan Rawalumbu Iik Kurniasih. Melalui Open House siswa diharapkan dapat mengembangkan serta menuangkan ide kreatifitasnya.

”Siswa bukan hanya bisa berkhayal dan berimajinasi saja, melalui kegiatan ini mereka bisa menuangkan ide serta khayalan-khayalan mereka kedalam dunia bermainnya yaitu dikegiatan ini,” ungkapnya. (dew)

The post Beri Pengalaman Belajar Tak Terlupakan appeared first on RADAR BEKASI.