Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Beri Penyuluhan Bantuan Hidup Dasar

ABDIMAS: Dosen Universitas Bhakti Kencana Jakarta memberikan penyuluhan bantuan hidup dasar bagi warga sekitar lingkungan kampus di ruang serbaguna musala Nur Ali Mehren Kelurahan Pondok Rangon Jakarta Timur, Minggu (27/10) lalu.Ist

Radarbekasi.id – Dosen DIII Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Jakarta melaksanakan program pengabdian masyarakat (Abdimas) dengan memberikan penyuluhan bantuan hidup dasar bagi warga sekitar lingkungan kampus.

Abdimas berlangsung di ruang serbaguna musala Nur Ali Mehren Kelurahan Pondok Rangon Jakarta Timur, Minggu (27/10) lalu. Program ini dibuka oleh Kepala Cabang Universitas Bhakti Kencana Jakarta Yuli Astuti.

Sebanyak 20 peserta, terdiri dari Ibu-ibu PKK, kader karang taruna, dan pemuda masjid mengikuti program tersebut. Muhammad Fandizal selaku dosen Universitas Bhakti Kencana Jakarta memberikan materi seputar perbedaan gawat darurat, gawat tidak darurat, darurat tidak gawat dan tidak gawat tidak darurat, serta tata cara menghubungi pihak ambulan gawat darurat yaitu melalui Pemda DKI Jakarta dengan nomor 112 atau 119.

Selain itu, peserta juga mendapatkan materi cara menolong seseorang yang mengalami pertolongan darurat seperti tersedak, tenggelam, hingga keracunan. Seluruh materi yang disampaikan berdasarkan kajian yang telah dilakukan oleh para dosen kampus tersebut.

Peserta mendapatkan print out untuk memudahkan memahami materi yang disampaikan. Selain itu bisa digunakan mereka untuk petunjuk dalam menyebarkannya kepada masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Yuli menyampaikan, Abdimas ini dapat diterima baik oleh warga sekitar lingkungan kampus. Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat.

”Kita harapkan ilmu yang disampaikan bisa bermanfaat bagi masyarakat Pondok Rangon, khususnya mengikuti pelaksanaan Abdimas,” ungkap Yuli dalam keterangan tertulisnya.

Untuk menilai keberhasilan program Abdimas, pihak Universitas Bhakti Kencana Jakarta melakukan pre-test dan post-test. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan kemampuan peserta mengalami peningkatan sebesar 40 persen setelah mengikuti penyuluhan bantuan hidup dasar tersebut.

Dosen DIII Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Jakarta berkomitmen untuk melaksanakan program Abdimas kepada warga di lingkungan kampus sebagai salah satu mitra untuk melakukan perubahan dalam mencapai derajat kesehatan yang lebih optimal. Dengan demikian pertolongan sedini mungkin bisa langsung dilakukan oleh masyarakat di lingkungan sekitar kampus. (dew/pms)

The post Beri Penyuluhan Bantuan Hidup Dasar appeared first on RADAR BEKASI.