Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Cara Merawat Sepeda

Tips Merawat Sepeda – Apapun yang terlihat bersih pasti nyaman dilihat, terlebih lagi jika berhubungan dengan kerja suatu alat. Bagi Anda pecinta bersepeda (bikers), menjaga kebersihan sepeda tidak hanya enak dilihat, tetapi sepeda itu juga nyaman dipakai. Itulah sebabnya kegiatan membersihkan sepeda menjadi keharusan, walaupun dilakukan sebulan sekali. Saat membersihkan sepeda, Anda sekaligus dapat melakukan pengecekan kelalayakan sepeda, misalnya ada sekrup yang kendor, mata rantai yang mulai aus, atau mata gir yang mulai tumpul. Dengan demikian sepeda Anda siap pakai.

Biar Awet dan Nyaman di Gowes – Bagian-bagian penting sepeda gunung yang harus diberi pelumas adalah bagian rantai, shifter, sistem pengerak roda depan dan belakang (FD-RD), pedan dan lengan pedal.

Gunakan pelumas yang bagus jangan menggunakan oli bekas, gunakan cairan pelumas yang khusus untuk rantai, banyak beredar di pasaran adalah pelumas untuk rantai kendaran roda 2 bermotor.

Sepeda gunung atau mountain bike (MTB) kadang dipergunakan untuk menaklukan medan-medan khusus – tidak selalu on-road – baik melalui medan off-road kering maupun off-roadbasah. Medan yang terakhir ini kadang membuat Sepeda MTB Anda menjadi ‘belepotan’, penuh dengan tanah basah yang menempel di seluruh bagian sepeda Anda, baik frame, ban maupungear Anda. Hal ini tentunya membutuhkan penanganan khusus ketika membersihkannya.

1. Air Sabun. Pertama-tama gunakan air sabun (detergen) untuk menghilangkan dan melarutkan lumpur atau tanah kotor dari seluruh body speda dan ban, menggunakan kain, sikat dan kuas. Hindari penyemprotan langsung air ke seluruh body sepeda. Karena dikhawatirkan air akan turut masuk ke laker dan gear, dimana nantinya justru akan membuat karat di dalamnya.

2. Gunakan Bensin. Khusus untuk membersihkan gear, fork – untuk jenis single/double crown – laker ban, rantai (chain) atau persendian yang lain, gunakan bensin untuk melarutkan kotoran dengan bantuan kuas. Khusus untuk rantai, bersihkan secara khusus segmen per segmen rantainya dari pasir untuk memperlancar gesekan antar segmen.

3. Oli (Penetran). Setelah seluruh sepeda bersih dari kotoran/lumpur dan tanah, semprotkan oli (penetran) ke bagian-bagian persendian tersebut, seperti chain, gear, suspension fork , dsb. Penetran juga dapat dipergunakan untuk menghilangkan jamur aluminium yang seringkali muncul pada bagian breaker-handle.

4. Pelapis Body. Gunakan pelapis body/cat – seperti pelapis body mobil – untuk memperkilau cat sekaligus menjaga warnanya supaya tidak lekas pudar.

5. Semir Ban. Gunakan semir ban, untuk lebih mempercantik penampilan sepeda MTB anda. Karena Ban merupakan salah satu komponen dominan dari sepeda MTB Anda. Kini sepeda Anda nampak seperti baru kembali.

cara merawat sepeda agar tidak berkarat anda bisa membelinya di tokopedia dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.