Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Cara Pengcab Selam Siapkan Atlet Porda

LATIHAN: Atlet selam Kabupaten Bekasi ketika menjalani latihan di Aquatic Centre, Kompelek Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur. IST/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Persatuan Selam Seluruh Idonesia (POSSI) Kabupaten Bekasi menerapkan program promosi degaradasi untuk menentukan atlet terbaik mereka. Program tersebut dinilai lebih efektif

Bertempat di Aquatic Centre, Kompelek Stadion Wibawamukti, Kecamatan Cikarang Timur, pembinaan atlet selam Kabupaten Bekasi dilakukan.

Terhitung, sejak awal 2018 penyelam muda Kabupaten Bekasi diklaim sudah mencapai angka 30 orang. Jumlah tersebut diluar dari 12 atlet yang sudah resmi memiliki prestasi di setiap kejuaraan termasuk Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIII 2018.

Ketua POSSI Kabupaten Bekasi, Akum Akbar menyatakan, penerapan program degradasi layak diterapkan. Pengcab sendiri, sudah menjalankan program pertengahan tahun, tepatnya di bulan April 2019.

Sebanyak 12 atlet selam eks Porda 2018 milik Kabupaten Bekasi, kemungkinan bisa tergeser dengan atlet baru yang saat ini terus berkembang.

”Jadi tidak selamanya atlet binaan berada di posisi bawah. Mereka, akan bisa menggantikan 12 atlet yang sudah resmi diakui KONI, atau menerima anggaran pembinaan,” ujarnya saat ditemui Radar Bekasi di kantor KONI Kabupaten Bekasi, Jalan Rawa Tembaga, Kecamatan Bekasi Selatan, Kamis (10/10).

Diakuinya, untuk 12 atlet senior ada beberapa nama yang memang sudah mengalami penurunan performa. Sedangkan, dari atlet binaan yang dimiliki, sudah ada yang berpotensi untuk bisa merebut posisi atlet senior.

”Bagaimanapun, 30 atlet binaan usia dini menjalani latihan secara sistematis. Sedangkan atlet sebelumnya, merupakan limpahan dari renang (sudah tidak terpakai). Usia juga memang mempengaruhi,” imbuhnya.

Akum tidak menampik, bahwa beberapa atlet senior ada yang sudah menginjak masa nonproduktif. Meski dirinya tidak menyebutkan secara detail. Pola promosi degradasi yang diterapkan memungkinkan atlet pemula menggeser posisi diatasnya.

Meski begitu, untuk bisa menggeser atlet senior, para atlet binaan mesti kerja keras. Karena, sudah disepakati di pengcab, bahwa yang akan dipilih atlet yang unggul disejumlah kejuaraan.

”Bila raihannya terus maksimal di tiap event, tentunya akan menjadi prioritas,” tukasnya. (dan)

The post Cara Pengcab Selam Siapkan Atlet Porda appeared first on RADAR BEKASI.