Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Disnaker Pastikan Mengawal Penetapan UMK

Radarbekasi.id – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Bekasi memastikan akan mengawal proses pembahasan Upah Minimum Kota Bekasi. Pembahasannya diketahui dilakukan antara Apindo, Serikat Pekerja dan Pemerintah.

Dalam menetapkan UMK, Pemerintah dilibatkan karena terdapat dua faktor yang menjadi tolok ukur yakni Laju Pertumbuhan Ekonomi dan Laju Inflasi.

Kasi Pengupahan pada Disnaker Kota Bekasi, Tubagus Muhammad Chatib, mengatakan, penetapan UMK dilakukan pada kuartal triwulan ke empat dan data pertumbuhan ekonomi dan inflasi baru keluar pada kuartal kedua.

”Pemerintah sifatnya hanya merumuskan saja, dari penambahan tahun kemarin dikalikan dengan persentase penambahan laju Inflasi dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) baru lah UMK untuk tahun 2019 ini bisa keluar berapa UMK 2020 akan naik,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung Disnaker Jalan A Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Selasa (8/10).

Proses penetapan UMK 2020 akan sama dengan 2019. Yakni ditambah inflasi yang nantinya dikeluarkan BPS Nasional. ”Kenaikan UMK setiap tahunnya di Kota Bekasi berkisaran Rp250 ribu dari 2016 dan 2017 ini. 2017 ke 2018 300 ribu naik UMK, tahun 2019 ke 2020 akan mengalami kenaikan UMK,” ujarnya.

Pihaknya juga akan terus melakukan pengawalan agar perusahaan memberikan UMK sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Gubernur Jawa Barat. Sementara, Pemerintah Kota bekasi melalui Disnaker hanya melakukan rekomendasi saja.

”Kita sesuaikan dengan PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan, kita pun melakukan sosialisasi kepada pekerja maupun pengusaha, yang pasti kita akan lakukan monitoring terhadap pengupahan,” ungkapnya. (pay/adv)

The post Disnaker Pastikan Mengawal Penetapan UMK appeared first on RADAR BEKASI.