Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Kali Busa Darurat Sampah

Sampah
Sejumlah warga membersihkan sampah yang menumpuk di aliran Kali Busa, Kelurahan Bahagia, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi

Kali Busa Darurat Sampah – Kali Busa di Keluarahan Bahagia, Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi dipenuhi sampah. Sejak sepekan terakhir warga secara swadaya melakukan pembersihan khawatir luapan kali kembali terjadi.

Sebelumnya luapa kali sempat merendam kawasan tersebut. Sampah yang mengalir dari beberapa wilayah diduga jadi penyebab.

Ketua RT006/023 Kelurahan Bahagia, Yuskamdani mengatakan, jika dilakukan pembiaran kondisi semakin parah.

“Warga disini tidak diam meskipun sampah-sampah yang menumpuk di Kali Busa bukan dari warga setempat. Sebelumnya air kali meluap merendam pemukiman warga,” ujarnya kepada Radar Bekasi Rabu (5/1).

Banyaknya tumpukan sampah perlu penanganan secara kontinyu. Sejauh ini, secara bertahap warga melakukan pembersihan agar kondisi kali kembali normal.

“Alat kami juga seadanya cuma kayu dan bambu, kalau menunggu pemerintah mungkin lama mengingat alat berat susah juga masuk kesini,” ucapnya.

Sejauh ini, penanganan diakui Yuskamdani terkendala banyaknya bangunan liar. Sehingga akses penanganan sampah terhalang.

“Kami terkendala bangunan liar disini kalau tidak warga dengan leluasa membersihkan sampah-sampah,” terangnya.

Dilokasi yang sama, Ketua RW023, Daryanto mengharapkan adanya kerja sama antara warga yang berada di Kelurahan Kaliabang Tengah dan Desa Setia Asih untuk menjaga kebersihan Kali Busa.

“Kali Busa bukan masuk wilayah kami saja tetapi masuk warga Kaliabang Tengah dan Desa Setia Asih. Harus ada sinergitas untuk menjaga Kali Busa, sebab dampaknya juga ke mereka-mereka juga,” tegasnya.

Pihaknya juga meminta pemerintah sigap menangani laporan warga atas pencemaran sampah tersebut.

”Pemerintah juga jangan diam, harus sigap apabila mendapat laporan dari warga,” tuturnya.

sumber : https://radarbekasi.id/2019/05/02/kali-busa-darurat-sampah/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.