Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

KPU Belum Tahu Caleg Terpilih

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi belum bisa memastikan siapa saja calon anggota legislatif (caleg) yang terpilih dan yang belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Salinan LHKPN tersebut baru akan diserahkan ke KPU setelah ada penetapan caleg terpilih. Dan untuk sekarang kami belum menetapkan siapa saja caleg yang terpilih sebagai anggota dewan,“ ujar Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin,” Kamis (27/6).

Jajang menjelaskan, nanti setelah ada penetapan baru diminta caleg yang bersangkutan untuk menyerahkan LHKPN. “Itu waktunya paling lama tujuh hari setelah ditetapkan sebagai anggota dewan, maka LHKPN sudah harus terkumpul semua,” beber Jajang.

Namun, Jajang pun belum bisa memastikan kapan pengumuman tersebut dilakukan. “Untuk kapan penetapanya, kami masih menunggu surat dari KPU RI, sebab kami masuk dalam gugatan,” terangnya.

Lanjut Jajang, apabila ada caleg terpilih terlambat menyerahkan LHKPN dalam waktu yang sudah ditentukan, maka caleg tersebut tidak akan bisa mengikuti pelantikan, sesuai Undang-undang nomor 7.

“Pelantikannya menunggu dia (caleg terpilih) menyerahkan LHKPN, dan mungkin pelantikannya bisa menyusul. Tapi ini ranahnya di pemerintah daerah, bukan di KPU lagi,” jelasnya.

Jajang menegaskan, caleg terpilih wajib menyerahkan salinan LHKPN ke KPU, karena laporan tersebut sebagai bukti, kalau caleg tersebut sudah melaporkan LHKPN ke KPK. “Kalau yang diserahkan ke kami (KPU) hanya tanda terima atau salinan saja,” ucapnya.

Ditambahkan Jajang, agar caleg terpilih tidak terlambat menyerahkan LHKPN, pihaknya sudah melakukan sosialisasi ke partai politik (parpol), sehingga bisa menyampaikan ke caleg masing-masing parpol yang terpilih. (pra)

The post KPU Belum Tahu Caleg Terpilih appeared first on RADAR BEKASI.