Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

KPU belum Tahu Jadwal Pelantikan Dewan Terpilih

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi mengaku, belum mengetahui jadwal pelantikan anggota DPRD Kabupaten Bekasi yang terpilih. Hal tersebut dikarenakan, harus menunggu keputusan dari Mahkamah Konsitusi (MK) rampung semua.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin mengatakan, sejauh ini belum ada arahan dari KPU RI mengenai pelantikan anggota DPRD terpilih. Pasalnya, KPU RI masih menunggu keputusan sidang gugatan di Mahkamah Konsitusi (MK).

“Pada prinsipnya, KPU Kabupaten tetap menunggu keputusan KPU RI. Jadi pelantikan harus menunggu sidang gugatan di MK rampung semua,” ujarnya. Kamis (11/7).

Menurutnya, tahapan masih cukup panjang. Ia memberi contoh, misalnya sengketa di Mahkamah Konsitusi (MK) selama 30 hari, sedangkan dimulainya sidang tanggal 9 Juli 2019. Artinya, kalau sidang gugatan selama 30 hari, berarti berakhir tanggal 9 Agustus 2019.

Jajang menjelaskan, setelah sidang gugatan selesai, sesuai PKPU 5 tahun 2019, KPU diberi waktu paling lama satu minggu untuk melaksanakan sidang pleno penetapan caleg terpilih.

Setelah itu, nama-nama caleg yang terpilih harus diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda), Sekwan untuk dilantik. “Jadi nanti kami dikasih waktu paling lama satu minggu untuk pleno caleg terpilih, dan menyerahkan berkasnya kepada Sekwan. Pelantikannya kapan saya belum tahu,” tukasnya.

Sejauh ini, lanjut Jajang, KPU sudah mendapatkan surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), didalam surat tersebut jelas dicatumkan dan ditegaskan bahwa masa jabatan dewan itu habis sampai dewan baru dilantik. “Sesuai surat dari Kemendagri, selama anggota DPRD terpilih belum dilantik, dewan lama masih menjabat,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Sunandar. Menurutnya, sampai saat ini DPRD belum tahu jadwal pelantikan anggota DPRD terpilih, karena KPU sendiri belum memberikan informasi. Kendati demikian, DPRD pun belum mengajukan pelantikan, karena melihat gugatan masih berjalan.

“Belum ada penetapan dari KPU. Yang saya tahu, masih ada gugatan yang sedang berlangsung di MK, karena cukup banyak gugatan di Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Untuk sekarang, tambah Sunandar, anggota DPRD baru melakukan arahan dari Gubernur Jawa Barat. “Sekarang kami sedang membuat surat masa jabatan habis (usulan). Kalau pelantikan kami (DPRD) belum tahu kapan,” pungkasnya. (pra)

The post KPU belum Tahu Jadwal Pelantikan Dewan Terpilih appeared first on RADAR BEKASI.