Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

KPU Sibuk Hadapi Gugatan PHPU di MK

Radarbekasi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi menyampaikan terkait penetapan 50 calon anggota legislatif (caleg) DPRD terpilih harus menunggu jadwal pembacaan putusan yang dilakukan Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, pihaknya masih fokus terhadap dua gugatan yang akan dihadapi pada sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) dalam buku registrasi perkara pada Juli mendatang.

“Sejauh ini, kami masih fokus menangani dua gugatan dari partai politik (parpol), yakni PPP dan Partai Golkar yang akan dihadapi pada sidang pendahuluan PHPU di MK,” ucap Nurul kepada Radar Bekasi, Rabu (26/6).

Ia menjelaskan, untuk pengumuman penetapan caleg terpilih oleh KPU Kota Bekasi harus menunggu hingga dua bulan ke depan, yang diperkirakan bulan Agustus, sebab ada dua gugatan yang sudah masuk ke MK.

“Jadi kami masih fokus untuk menyiapkan bukti-bukti di PHPU nanti,” beber Nurul.

Ditambahkannya, penetapan caleg terpilih harus menunggu putusan MK dulu, baru pihaknya akan melakukan penetapan anggota DPRD Kota Bekasi terpilih periode 2019-2024.

“Kalau dilihat dari waktu penetapan putusan oleh MK untuk pileg, kemungkinan Agustus nanti baru bisa dilakukan. Namun untuk tanggalnya belum bisa kami pastikan,” tukasnya.

Lanjut Nurul, apabila KPU Kota Bekasi tidak ada gugatan dari dua partai politik tersebut, maka penetepan caleg DPRD terpilih bisa dilaksanakan lebih cepat.

“Penetapan caleg DPRD terpilih itu bisa lebih cepat dilakukan kalau tidak ada gugatan ke MK, dan penetapannya itu tiga hari setelah keluarnya Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK),” tegasnya.

Sementara untuk caleg nya siapa yang terpilih, kata Nurul, mungkin sebagian masyarakat sudah mengetahuinya. “Adapun mengenai teknis pengumumannya, nanti kami lakukan di kantor KPU Kota Bekasi, dan masing-masing caleg terpilih akan diundang,” janjinya. (cr43)

The post KPU Sibuk Hadapi Gugatan PHPU di MK appeared first on RADAR BEKASI.