Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Memulai Usaha Katering

Memulai Usaha Katering

Memulai Usaha Katering – Baru memulai usaha katering? Simak beberapa tips berikut ini. Tips Memulai Usaha Katering Rumahan dengan Modal Kecil. Salah satu bisnis makanan yang digemari oleh para pengusaha adalah usaha katering. Selain keuntungan yang didapat cukup banyak, usaha ini juga bisa disebut sebagai ‘hobi yang dibayar’ bagi orang-orang yang gemar memasak. Dalam setiap usaha yang dijalankan, pastinya selalu ada tantangan, baik tantangan kecil maupun besar.

Langkah awal yang salah dalam memulai usaha katering ini bisa membuat bisnis tidak berkembang, bahkan gulung tikar. Tapi tenang saja, Anda bisa simak tips memulai usaha katering dengan modal kecil berikut ini.

Menentukan Jenis Katering

Sebelum memulai usaha katering, tentu Anda harus tahu jenis katering apa yang akan ditekuni dan dipasarkan. Mengingat banyaknya jenis usaha katering, maka untuk langkah awal, sebaiknya terfokus pada satu jenis terlebih dahulu.

Apa saja kah jenis-jenis usaha katering yang bisa Anda pilih?

A. Katering Pesta

Sesuai dengan namanya, usaha katering pesta ini berarti Anda melayani pesanan makanan khusus untuk acara pesta yang cukup besar. Contohnya adalah acara pernikahan, pesta ulang tahun, dan lain-lain. Jenis usaha ini membutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang matang. Sudah bukan katering berskala kecil lagi, Anda harus mempersiapkan masakan dalam jumlah besar untuk hidangan prasmanan ataupun ala carte.

B. Katering Perusahaan/Kantoran

Sasaran dari usaha ini adalah suatu perusahaan dengan karyawan dalam jumlah besar. Biasanya perusahaan membutuhkan katering yang berbentuk prasmanan untuk dihidangkan di kantor atau di pabrik-pabrik. Ada juga beberapa kantor yang membutuhkan katering dengan porsi besar untuk kebutuhan rapat dan gathering antar cabang.

C. Katering untuk Sekolahan

Hal yang menjadi tantangan dalam menjalankan usaha katering untuk anak sekolahan adalah jenis makanan yang dihidangkan. Mengingat anak-anak sekolah pasti membutuhkan gizi dan nutrisi yang baik, tentunya Anda sebagai penyedia katering juga harus mempersiapkan makanan yang bergizi. Namun yang menjadi keuntungan, Anda tidak perlu repot-repot mempekerjakan karyawan.

Mengapa? Karena biasanya makanan dikirim dalam bentuk box dan yang bertugas untuk menyiapkannya adalah pihak sekolah.

D. Katering Rumahan

Mempunyai keinginan memasarkan katering berupa nasi box ke rumah-rumah untuk acara tertentu? Anda bisa memulai usaha katering rumahan. Modal yang dikeluarkan tidak akan terlalu besar. Namun, jenis katering ini biasanya bersifat ‘musiman’, sehingga bisa saja omzet yang didapat juga tidak akan terlalu besar. seperti halnya Dapur Purigardenia

Dari semua jenis katering tadi, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan Anda.

Memulai Usaha Katering
Memulai Usaha Katering

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.