Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Penyertaan Modal Hambat Pelayanan Air

KRISIS AIR BERSIH: Warga antri untuk mendapatkan air bersih di Desa Ridomanah Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi belum lama ini. ARIESANT/RADAR BEKASI

Radarbekasi.id – Peraturan Dareah tentang Penyertaan modal untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi tak kunjung dilembardaerahkan. Padahal, anggaran penyertaan modal itu dialokasikan untuk membangun jaringan atau instalansi air di wilayah terdampak kekeringan. Seperti Kecamatan Cibarusah, Serang Baru hingga Bojongmangu.

Anggota DPRD dari Dapil I Kabupaten Bekasi, Cecep Noor menilai, Pemkab Bekasi tidak serius dalam hal menangani kekeringan. Menurut dia, lambatnya realisasi penyertaan modal menunjukan bahwa Pemkab Bekasi tidak peduli dengan kekeringan.

”Tujuan penyertaan modal kepada PDAM untuk menangani masalah kekeringan di Cibarusah. Seharusnya sudah lari jauh mengatasi persoalan kekeringan ini, bukan hanya mengirim air bersih saja,” kata Cecep.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan ini berpendapat, penyertaan modal sengaja diberikan agar warga di wilayah terdampak kekeringan mendapatkan layanan dari Pemkab Bekasi melalui PDAM Tirta Bhagasasi.

”Kalau (Perda) sudah dilembardaerahkan sejak awal, sampai pertengahan tahun ini seharusnya instalansi air sudah terpasang,” katanya.

Perihal belum cairnya penyertaan modal ini dibernarkan Kasubag Humas PDAM Tirta Baghasasi, Ahmad Fauji.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah menyambungkan pipanisasi hingga ke Desa Ridhomanah menggunakan anggaran internal PDAM. Tapi, layanan air bersih belum dapat dialirkan ke rumah warga karena keterbatasan anggaran.

”Perencanaan kami ini perlu adanya penyertaan modal, sebab dari anggaran tersebut juga sudah dialokasikan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Ya kami harap untuk penyertan modal dapat disegerakan untuk merealisasikan untuk pengupayaan menyelesaikan masalah kekeringan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja tidak menjawab ketika ditanyakan mengenai penyertaan modal untuk PDAM Tirta Baghasasi.

Terpisah, Kasubag Humas Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Bekasi, Ramdan Nurul Ikhsan juga belum dapat menanggapi terkait belum dilembardaerahkannya penyertaan modal untuk perusahaan pelat merah milik Pemkab dan Pemkot Bekasi itu.

”Wah kalau untuk informasi lembar daerah untuk Perda Penyertaan Modal PDAM Tirta Baghasasi, saya belum bisa memberi informasi,” ujarnya. (and)

The post Penyertaan Modal Hambat Pelayanan Air appeared first on RADAR BEKASI.