Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Peranan Guru dalam Inovasi Pendidikan

Radarbekasi.id – Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat memberikan pengaruh dalam bidang pendidikan. Perkembangan ini memberi pengaruh positif sebagai upaya untuk menjembatani pendidikan di masa sekarang dengan masa yang akan datang. Oleh karena itu, inovasi dalam bidang pendidikan harus dilakukan dengan memerhatikan berbagai faktor yang menyertainya. Salah satu faktor itu adalah guru. Sebagai tenaga pendidik, guru memberikan kontribusi yang besar terhadap kegagalan dan keberhasilan proses pendidikan. Hasil penelitian pendidikan menunjukkan 80% keberhasilan pendidikan ditentukan oleh guru.

Peran guru sesungguhnya tidak dapat dipisahkan dari upaya untuk mencerdaskan dan menyiapkan kehidupan peserta didik dalam jangka panjang dengan bekal ilmu pengetahuan dan agama di dalamnya. Di pundak guru terdapat tugas dan tanggung jawab yang melekat secara terus-menerus sampai akhir hayat. Guru bertugas mempersiapkan manusia yang bersusila, cakap, dan kompeten dalam menghadapi persaingan global dan tuntutan dunia modern, terkait upaya membangun dirinya, agama, bangsa, dan negara untuk lebih maju lagi.
Untuk memenuhi tugas dan tanggung jawab guru dalam inovasi pendidikan, maka guru memiliki multi peran dalam pelaksanaan tugasnya agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan pendidikan yang dihadapinya. Peranan guru dalam inovasi pendidikan adalah sebagai berikut :
1. Guru sebagai Pendidik (Educator) dan Pengajar (Instructor)
Peran guru sebagai pendidik (educator), yaitu mendidik peserta didiknya dengan ilmu pengetahuan (knowledge) sesuai dengan nilai-nilai (value) yang positif. Guru sebagai pengajar (instructor), artinya guru-guru berperan sebagai penyalur ilmu pengetahuan dan nilai (transfer of knowledge and value) kepada peserta didik.
2. Guru sebagai Mediator dan Fasilitator
Guru sebagai mediator, berarti guru memiliki sejumlah pengetahuan yang cukup tentang bagaimana menggunakan media pendidikan, sehingga komunikasi dalam KBM menjadi lebih efektif. Guru sebagai fasilitator dituntut untuk mampu mengusahakan ketepatan dalam pemilihan sumber belajar yang dapat menunjang KBM.
3. Guru sebagai Pembimbing
Guru harus membimbing peserta didik agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya sebagai bekal hidup, sehingga peserta didik dapat tumbuh dan berkembang sebagai manusia ideal sesuai harapan orang tua, masyarakat, bangsa, dan negara.
4. Guru sebagai Motivator
Guru sebagai motivator berperan sebagai pembangkit motivasi peserta didik, agar selalu bersemangat dalam belajar dan menuntut ilmu pengetahuan secara langsung atau pun tidak langsung.
5. Guru sebagai Inovator
Guru senantiasa mengikuti perubahan, meningkatkan kemampuan (ability), aktif dan kreatif yang dilakukan secara terus-menerus guna mengantarkan dan mewujudkan cita-cita peserta didik.
6. Guru sebagai Peneliti
Guru sebagai peneliti perlu senantiasa terus-menerus menuntut ilmu pengetahuan (knowledge) dan mengikuti kegiatan pemberdayaan guru (teacher empowerment) agar dapat mengikuti perkembangan zaman di era global ini.
7. Guru sebagai Demonstrator
Guru memiliki peran dalam memperagakan apa yang hendak disampaikan dan diajarkan memiliki efek pada peningkatan kemampuan (ability) menuju tingkat keberhasilan yang lebih baik.
8. Guru sebagai Pengelola Pembelajaran
Guru berperan dalam menciptakan iklim belajar yang nyaman lagi menyenangkan bagi peserta didik.
9. Guru sebagai Sumber Belajar
Guru sebagai tempat bertanya bagi peserta didik seyogianya harus kaya akan pengetahuan (knowledge) dengan banyak membaca literatur yang terkait dengan pembelajaran.
10. Guru sebagai Pemimpin
Sebagai pemimpin yang baik, sebaiknya guru memiliki kecakapan dalam memimpin dan mengantarkan peserta didik pada kesuksesan dalam pencapaian cita-cita mereka.
11. Guru sebagai Pendorong Kreativitas
Guru bertugas menstimulasi peserta didik untuk aktif dalam mengembangkan ide-ide kreatif (spektakuler) pada kegiatan pembelajaran, sehingga dengan peran ini guru terus melakukan inovasi yang revolusioner dalam pendidikan.
12. Guru sebagai Orang Tua dan Teladan
Guru harus senantiasa menjaga perkataan dan perbuatannya, karena segala perilaku guru akan dicontoh dan ditiru oleh peserta didik.
13. Guru sebagai Pembawa Cerita
Guru harus berusaha menyampaikan cerita untuk membangkitkan gagasan-gagasan, inspiratif, dan penuh motivasi sehingga peserta didik dapat mengembangkan imajinasi, berpikir kritis, memecahkan masalah dan menemukan gagasan dalam memecahkan masalah tersebut.
14. Guru sebagai Emansipator
Sebagai emansipator guru berusaha memberikan hak yang sama kepada semua peserta didik dengan tidak melihat perbedaan jenis kelamin maupun status sosial dan ekonomi orang tuanya.
15. Guru sebagai Evaluator
Guru berperan dalam mengumpulkan berbagai data dan informasi mengenai keberhasilan pembelajaran yang telah dicapai peserta didik melalui kegiatan evaluasi (tes atau pun nontes).

Dengan peranan yang begitu besar dalam inovasi pendidikan, diharapkan guru dapat terus meningkatkan aktualisasi diri dan prestasinya. Guru selalu berupaya meningkatkan kemampuan profesional sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru harus merubah mindset menjadi sebuah pribadi yang luar biasa. Dengan demikian, bangsa Indonesia akan melahirkan guru-guru yang memiliki kompetensi yang baik, berprestasi, dan dapat menjadi inspirasi bagi siswanya. Sebuah kata bijak mengatakan, Guru yang baik memang mahal harganya tetapi guru yang tidak baik jauh lebih mahal, karena dampaknya adalah runtuhnya martabat bangsa. (*)

Guru SD Al Muslim Tambun Bekasi

The post Peranan Guru dalam Inovasi Pendidikan appeared first on RADAR BEKASI.