Info Lengkap Terupdate, Trending Topik Bekasi, Berita Bekasi, Informasi Bekasi

Siapkan Jalur Khusus Sepeda

SARANA KHUSUS: Pesepeda melintas di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur, Selasa (30/6). Dinas Perhubungan Kota Bekasi akan membuka jalur khusus sepeda di kawasan Jalan Chairil Anwar, Kota Bekasi. RAIZA SEPTIANTO/RADAR BEKASI.

RADARBEKASI.ID, BEKASI – Semakin maraknya penggunaan sepeda di jalur perkotaan, belum diimbangi dengan aturan serta fasilitas yang memadai.

Guna menghindari kecelakaan serta mendorong tertib berlalulintas, pembuatan jalur khusus sepeda dirasa perlu mengingat kian masifnya penggunaan transportasi bebas polusi ini.

Dinas Perhubungan Kota Bekasi mewacanakan adanya jalur khusus sepeda di sepanjang Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur. Pasalnya, saat ini jalur khusus sepeda hanya diperuntukkan untuk aktivitas Car Free Day (CFD) di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bekasi Selatan.

“Ya kalau untuk di jalan-jalan lain memang belum ada jalur khusus pesepeda. Di Jalan Ahmad Yani pun itu bisa dilintasi pesepada hanya di weekend atau CFD,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Enung Nurcholis ketika dihubungi Radar Bekasi, Selasa (30/6).

Melihat tren penggunaan sepeda dimasyarakat, pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Perhubungan mewacanakan pembuatan jalur khusus sepeda di Jalan Chairil Anwar, Bekasi Timur.

“Sekarang ini kita sedang persiapkan jalur pesepeda di Jalan Chairil Anwar. Itu khusus pesepeda di hari biasa,” jelasnya.

Namun dijelaskannya, padatnya aktivitas lalu lintas juga harus dipertimbangkan supaya pembuatan jalur sepeda aman bagi pengendara.

“Untuk titik-titik jalur sepeda kita belum siapkan sepenuhnya ya. Hanya saja kita dalam waktu dekat akan menyiapkan satu titik dulu yakni di Jalan Chairil Anwar saja dan Jalan A Yani itu pun di CFD saja,” ungkapnya. (pay)